Gambaran Kadar Protein pada Ikan Tenggiri (Scomberomorus commerson) Segar dan Olahan Ikan Menggunakan Metode Kjeldahl

  • Nadya Nurhaliza Damayanty Poltekkes Kemenkes Kaltim

Abstract

Abstrak


Ikan merupakan salah satu sumber protein terbaik dalam kehidupan. Protein ikan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena mudah dicerna oleh tubuh. Salah satu jenis ikan yang mengandung kadar protein tinggi adalah ikan tenggiri Kadar protein pada ikan tenggiri yaitu sekitar 21 4gr/100gr Ikan tenggiri dapat diolah dengan berbagai macam cara yaitu goreng, asin, asap, pindang, dan abon. Proses pengolahan dapat menyebabkan perubahan kadar protein yang disebut denaturasi protein. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kadar protein pada ikan tenggiri segar dan olahan ikan tenggiri menggunakan Metode Kjeldahl.


Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif, yaitu untuk mengetahui perbandingan kadar protein pada ikan tenggiri segar dan olahan ikan menggunakan metode kjeldahl. Ada 6 jenis perlakuan yang diberikan pada sampel ikan tenggiri yaitu ikan segar, abon, goreng, asin, asap, dan pindang Variabel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan variable tunggal yaitu kadar protein.


Berdasarkan hasil penelitian kadar protein pada 6 jenis pengolahan ikan tenggiri didapatkan perbedaan kadar protein pada ikan tenggiri segar adalah 17.85%, pada ikan pindang adalah 19.84%, pada ikan goreng adalah 26.16%, pada Abon ikan adalah 29.14%, pada ikan asap adalah 33.59%, dan pada ikan asin yaitu 34.88%.


 

Published
May 24, 2023
How to Cite
DAMAYANTY, Nadya Nurhaliza. Gambaran Kadar Protein pada Ikan Tenggiri (Scomberomorus commerson) Segar dan Olahan Ikan Menggunakan Metode Kjeldahl. MMLTJ(Mahakam Medical Laboratory Technology Journal), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 69-78, may 2023. ISSN 2548-5180. Available at: <https://ojstrial.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Analis/article/view/126>. Date accessed: 14 june 2024.
Section
Articles