Gambaran Kadar Kreatinin Pada Penderita Diabetes Melitus Di Rumah Sakit Iche Abdul Moeis Samarinda

  • Putri Husnul Hasanah Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur

Abstract

Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit kronis berupa gangguan metabolik yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi batas normal. Hubungan kreatinin darah dengan penderita Diabetes Melitus yaitu kadar gula darah yang tinggi atau hiperglikemia kondisi ini menyebabkan dinding pembuluh darah rusak, lemah dan rapuh sehingga terjadi penyumbatan yang menimbulkan komplikasi mikrovaskuler salah satunya Nefropati Diabetika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran kadar kreatinin pada penderita Diabetes Melitus di Rumah Sakit Inche Abdul Moeis.


 Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif.  Jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 34 orang pasien. Populasi seluruh pasien rawat jalan dengan kriteria responden diabetes melitus terdiagnosa ≤1 tahun, jenis data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer. Hasil Kreatinin dikatakan normal jika nilainya 0,5 – 1,5 mg/dL.


 Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh sebanyak 31 orang (91%) memiliki kadar kreatinin normal, sebanyak 2 orang (6%) memiliki kadar kreatinin di atas batas normal, dan sebanyak 1 orang (3%) memiliki kadar kreatinin di bawah batas normal. Ada beberapa faktor yang menyebabkan meningkatnya kreatinin pada penderita diabetes melitus yaitu adanya komplikasi penyakit lain salah satunya adalah hipertensi yang mengakibatkan kadar kreatinin yang tinggi. 


 

Published
May 25, 2023
How to Cite
HASANAH, Putri Husnul. Gambaran Kadar Kreatinin Pada Penderita Diabetes Melitus Di Rumah Sakit Iche Abdul Moeis Samarinda. MMLTJ(Mahakam Medical Laboratory Technology Journal), [S.l.], v. 3, n. 1, p. 90-100, may 2023. ISSN 2548-5180. Available at: <https://ojstrial.poltekkes-kaltim.ac.id/ojs/index.php/Analis/article/view/77>. Date accessed: 14 june 2024.
Section
Articles